INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Kelebihan Dan Kekurangan Taktik Pembelajaran Ekspositori

Download Skripsi Online - Pada artikel kali ini yang berjudul “Kelebihan dan Kekurangan Strategi Pembelajaran Ekspositori” aku akan mengupas tuntas kelebihan dan kekurangan seni administrasi pembelajaran ekspositori, sebab bagi sebagian pengajar atau guru terkadang kesulitan dalam mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan pada suatu seni administrasi pembelajaran.  

Kelebihan 
Strategi pembelajaran ekspositori adalahsalah satu seni administrasi pembelajaran yang banyak dan sering digunakan oleh para pengajar dalam memberikan materi ajarnya saat dalam proses berguru mengajar. Hal tersebut dikarenakan seni administrasi pembelajaran ekspositori mempunyai beberapa kelebihan, yaitu;

  1. Strategi pembelajaran ekspositori guru bisa mengontrol urutan dan keluasan materi ajarnya, dengan demikian ia sanggup mengetahui sampaisejauh mana para penerima didik memahami materi asuh yang telah diajarkannya tersebut pada proses berguru mengajar.
  2.   Strategi pembelajaran ekspositori dianggap sangat sempurna dipakaiketika memangbahan asuh yang harus dipahami oleh para penerima didik cukup banyak, sementara waktu yang dimiliki dalam acara berguru mengajar sangat terbatas.
  3. Melalui seni administrasi pembelajaran ekspositori selain para penerima didik sanggup mendengar melalui ucapan gurunya (ceramah) mengenai suatu materi ajar, juga sekaligus penerima didikdapat melihat atau mengobservasi (melalui pelaksanaan demonstrasi).
  4. Keuntungan lain yaitu seni administrasi pembelajaran ini juga sanggup digunakan saat jumlah penerima didik dalam acara berguru mengajar cukup banyak dan ruangan kelas yang digunakan cukup besar.

Kekurangan

Setiap seni administrasi pembelajaran selain mempunyai kelebihan, sudah tentu mempunyai sisi kekurangannya, adapun kekurangan yang dimiliki dari seni administrasi ekspositori, diantaranya:

  1. Strategi pembelajaranekspositori ini hanya mungkin sanggup dilaksanakan kepada para penerima didik  yang mempunyai kemampuan mendengar dan menyimak cukup baik. Bagi penerima didik yang kurag mempunyai kemampuan mendengar dan memperhatikan menyerupai itu tampaknya harus memakai seni administrasi pembelajaran yang lain yang dianggap lebh cocok daripada seni administrasi pembelajaran model ceramah ini.
  2. Strategi pembelajaran ini tidak sanggup digunakan pada suatu kelas yang didalamnya terdapat para penerima didik dengan perbedaan kemampuan, perbedaan minat dan bakat, yang sangat signifikan jumlahnya.
  3. Karena seni administrasi pembelajaran ekspositori ini lebih banyak disampaikan melalui penuturan, maka akan sulit bagi seorang guru untuk membuatkan kemampuan penerima didiknya dalam hal kemampuan berinteraksi, korelasi antar guru dengan penerima didiknya, serta kemampuan berpikir kritis para penerima didiknya.
  4. Keberhasilan seni administrasi pembelajaran ekspositori sangatlahbergantung kepada apa yang dikuasai oleh seorang guru, menyerupai persiapan saat akan melaksanakan proses berguru mengajar, penguasaan materi ajar, rasa percaya diri, semangat, antusiasme, motivasi, dan banyak sekali keterampilan lainnya menyerupai kemampuan bercakap (berkomunikasi), dan keterampilan dalammenguasai kelas. Tanpa keterampilan tersebut, sudah sanggup dipastikan acara berguru mengajarakan jauh dari kata berhasil.
  5. Karena memang seni administrasi pembelajaran ekspositori ini lebih banyak komunikasi satu arah (one-way communication), maka peluang seorang guru untuk dapatmenilai pemahaman para penerima didiknya akan materi asuh sangat terbatas pula. Disamping itu, komunikasi satu arah sanggup menimbulkanpemahaman terhadap materi asuh  yang diperolehpara penerima didik akan terbatas pada apa yang diberikan oleh guru pada proses berguru mengajar tadi.

Meninjau terdapat beberapa kekurangan tersebut, maka sebaiknya dalam melaksanakan seni administrasi pembelajaran ekspositori ini guru perlu adanya persiapan yang matang.Baik mengenai materi asuh yang akan disampaikan pada tahap proses pembelajaran maupun mengenai hal-hal lain yang sanggup mempengaruhi kelancaran proses berguru mengajarnya tersebut.
Demikian artikel kekurangan dan kelebihan seni administrasi pembelajaran ekspositori ini biar sanggup menawarkan pembaruan wawasan para pembaca sekalian terutama dalam hal seni administrasi pembelajaran ekspositori.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel