INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Jenis-Jenis Metode Pembelajaran

Download Skripsi Online - Pada artikel kali ini saya akan share artikel mengenai jenis-jenis metode pembelajaran yang terkenal digunakan di Indonesia. 
Pada dasarnya guru ialah seorang pengajar. Pengajar ialah orang cukup umur dengan seluruh kesanggupan yang dimilikinya untuk sanggup merubah psikologis dan pola pikir buah hati didiknya dari tak tahu menjadi tahu serta mendewasakan buah hati didiknya. Salah satu hal yang patut dijalankan oleh guru ialah dengan mendidik di kelas. Salah satu yang paling penting ialah performance guru di kelas. Bagaimana seorang guru sanggup merajai situasi kelas sehingga tercipta suasana berguru yang menyenangkan. Dengan demikian guru patut menggunakan sistem pelajaran yang layak dengan karakteristik penerima didiknya.

Adapun metode Pembelajaran yang Populer di Indonesia 

1. Metode Ceramah

Metode Ceramah yaitu penerangan secara lisan atas materi pembelajaran terhadap sekelompok pendengar untuk menempuh tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar. Seperti dibuktikan oleh Mc Leish (1976), Melalui ceramah, sanggup dicapai beberapa tujuan. Dengan metode ceramah, guru sanggup mensupport timbulnya pandangan gres bagi pendengarnya.
Gage dan Berliner (1981:457), mengungkapkan metode ceramah cocok untuk digunakan dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Pidato (ceramah) cocok untuk penyampaian materi berguru yang berupa informasi dan kalau materi berguru tersebut sukar diperoleh.

2. Sistem Diskusi

Sistem pembelajaran Diskusi yaitu cara kerja pelibatan dua orang penerima atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar anggapan, dan atau saling mempertahankan anggapan dalam pemecahan problem sehingga diperoleh janji diantara mereka. Pembelajaran yang menerapkan metode pembicaraan yaitu pembelajaran yang bersifat interaktif (Gagne & Briggs. 1979: 251).

Berdasarkan Mc. Keachie-Kulik dari hasil penelitiannya, dibanding metode ceramah, metode pembicaraan sanggup meningkatkan si kecil dalam pemahaman konsep dan keterampilan mengatasi masalah. Tapi dalam transformasi pengetahuan, penggunaan metode pembicaraan kesannya lambat dibanding penggunaan ceramah. Sehingga metode ceramah lebih efektif untuk meningkatkan kuantitas pengetahuan si kecil dari pada metode pembicaraan.




3. Sistem Demonstrasi

Sistem pembelajaran demontrasi yaitu metode pembelajaran yang sangat efektif untuk membantu siswa mencari balasan atas pertanyaan-pertanyaan seperti: Bagaimana metode membatasinya? Bagaimana cara kerja bekerjanya? Bagaimana cara kerja melakukannya. Demonstrasi sebagai metode pembelajaran yaitu bilamana seorang guru atau seorang demonstrator (orang luar yang sengaja dipinta) atau seorang siswa menonjolkan terhadap segala kelas sesuatau cara kerja. Semisal bekerjanya suatu alat pencuci otomatis, metode membikin camilan manis, dan sebagainya.


Kelebihan Sistem Demonstrasi :

a. Perhatian siswa sanggup lebih dikonsentrasikan.
b. Proses berguru siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari.
c. Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih menempel dalam diri siswa.

Kelemahan metode Demonstrasi :

a. Siswa adakala sukar memandang dengan terperinci benda yang diperagakan.
b. Tidak segala benda sanggup didemonstrasikan.
c. Sukar dimengerti kalau didemonstrasikan oleh pengajar yang kurang menguasai apa yang didemonstrasikan.


4. Sistem Pidato Plus

Sistem Pelajaran Pidato Plus yaitu sistem pendidikan yang menerapkan lebih dari satu sistem, ialah sistem pidato yang dikombinasikan dengan sistem lainnya. Ada tiga jenis sistem pidato plus, diantaranya yakni:
a. Sistem pidato plus tanya jawab dan tugas
b. Sistem pidato plus pembicaraan dan tugas
c. Sistem pidato plus demonstrasi dan latihan (CPDL)

5. Sistem Resitasi

Sistem Pelajaran Resitasi yaitu suatu sistem pendidikan dengan mewajibkan siswa membikin rumusan dengan kalimat sendiri.

Kelebihan Sistem Resitasi yaitu :
a. Pengetahuan yang didapatkan penerima didik dari hasil berguru sendiri akan sanggup diingat lebih lama.
b. Peserta didik mempunyai kesempatan untuk meningkatkan keberanian, inisiatif, bertanggung jawab dan mandiri.
Kelemahan Sistem Resitasi yaitu :
a. Kadang kala penerima didik mengerjakan pembohongan ialah penerima didik cuma mengikuti hasil profesi orang lain tanpa ingin bersusah payah menjalankan sendiri.
b. Kadang kala kiprah dilaksanakan oleh orang lain tanpa pengawasan.
c. Sukar memperlihatkan kiprah yang memenuhi perbedaan individual.


6. Cara Eksperimental

Cara pelajaran eksperimental ialah suatu metode pengelolaan pelajaran di mana siswa melaksanakan acara tes dengan mengalami dan menggambarkan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam cara ini siswa dikasih peluang untuk mengalami sendiri atau melaksanakan sendiri dengan mencontoh suatu pengerjaan, melihat suatu objek, menganalisa, menggambarkan dan menarik inti sari sendiri wacana objek yang dipelajarinya.

7. Cara Study Tour (Karya liburan)
Cara study tour Study tour (karya liburan) ialah cara mendidik dengan mengajak penerima didik mengunjungi suatu obyek guna memperluas pengetahuan dan berikutnya penerima didik membikin laporan dan membicarakan serta membukukan hasil kunjungan hal yang demikian dengan ditemani oleh pengajar.

8. Cara Latihan Keterampilan

Cara latihan keterampilan (drill method) ialah suatu cara mendidik dengan memperlihatkan training keterampilan secara berulang terhadap penerima ajar, dan mengajaknya segera ketempat latihan keterampilan untuk memandang pengerjaan tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat sesuatu (misal: membikin ransel dari mute). Cara latihan keterampilan ini bertujuan menyusun susila istiadat atau pola yang otomatis pada penerima ajar.

9. Cara Pendidikan Beregu

Cara pelajaran beregu ialah suatu cara mendidik dimana pengajarnya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas.Umumnya salah seorang pengajar ditunjuk sebagai kordinator. Metode pengujiannya,tiap pengajar membikin soal, kemudian digabung. Bila ujian lisan karenanya setiapsiswa yang diuji patut segera berhadapan dengan team pengajar hal yang demikian

10. Peer Theaching Method

Cara Peer Theaching sama juga dengan mendidik sesama sahabat, ialah suatu cara mendidik yang dibantu oleh sahabatnya sendiri.

11. Cara Pemecahan Sulit (permasalahan solving method)

Cara permasalahan solving (cara pemecahan permasalahan) bukan hanyasekadar cara mendidik, namun juga yaitu suatu cara berdaya upaya, sebabdalam permasalahan solving sanggup menggunakan cara-cara lainnya yang dimulaidengan mencari data sampai pada menarik inti sari.
Cara permasalahan solving yaitu cara yang menstimulus berfikir danmenggunakan wawasan tanpa memandang kwalitas anggapan yang diperkenalkan olehsiswa. Seorang guru patut piawai-piawai menstimulus siswanya untuk mencobamengeluarkan pendapatnya.

12. Project Method

Project Method ialah cara perancangan ialah suatu cara mendidik dengan minta penerima didik merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai objek kajian.

13. Taileren Method

Teileren Method ialah suatu cara mendidik dengan menggunakan beberapa-beberapa,seumpama ayat per ayat kemudian disambung lagi dengan ayat lainnya yang tentusaja bekerjasama dengan masalahnya

14. Cara Global (ganze method)
Cara Global ialah suatu cara mendidik dimana siswa diperintah membaca keseluruhan materi, kemudian siswa meresume apa yang sanggup mereka serap atau ambil intisaridari materi hal yang demikian.


Demikian artikel mengenai jenis-jenis metode pembelajaran supaya artikel sanggup bermanfaat bagi rekan-rekan dewan guru dan/atau adik-adik mahasiswa jurusan pendidikan yang sedang menempuh perkuliahannya.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel